HMRC Mengeluarkan Senjata Besar dalam Perjuangan Mereka Melawan Penghindaran Pajak

HMRC Mengeluarkan Senjata Besar dalam Perjuangan Mereka Melawan Penghindaran Pajak

Tampaknya dari dokumen konsultasi HMRC terbaru “Meningkatkan Taruhan pada Penghindaran Pajak” bahwa HMRC telah memutuskan pada pendekatan tongkat dengan sedikit atau tanpa petunjuk wortel Jasa Konsultan Pajak. Mereka mengusulkan hukuman untuk skema penghindaran yang tidak diungkapkan yang harus bertindak sebagai pencegah bahkan untuk penyedia skema yang paling keras sekalipun:

Karena gagal memberikan informasi kepada HMRC, hukuman awal bisa mencapai £ 1 juta.

Untuk setiap hari berikutnya promotor gagal untuk terlibat dengan HMRC akan ada penalti sebesar £10.000.

Jika pengguna skema tidak diberitahu bahwa promotor telah dianggap ‘berisiko tinggi’ oleh HMRC maka penalti akan dikenakan sebesar £5.000 untuk setiap pengguna yang belum diberi tahu.

Dokumen konsultasi mempertimbangkan pengenalan undang-undang yang akan memungkinkan HMRC untuk secara terbuka menunjuk promotor skema sebagai ‘berisiko tinggi’ jika bisnis mereka terdiri dari merancang, memasarkan atau mengimplementasikan produk yang tujuan utamanya tampaknya adalah penyediaan penghematan pajak kepada pengguna dan skema belum diungkapkan ke HMRC di bawah DOTAS. Indikasi lain dari ‘berisiko tinggi’ adalah jika produk tersebut tampaknya merupakan pengaturan yang kompleks dengan tingkat kepalsuan yang dirancang untuk mencapai hasil yang tidak dimaksudkan oleh Parlemen atau jika produk tersebut menghasilkan sejumlah keuntungan untuk tujuan pajak yang secara signifikan kurang dari jumlah untuk tujuan ekonomi. Ada banyak indikator lain dan semuanya tampaknya menargetkan penyedia skema yang secara publik menawarkan sedikit atau tidak ada informasi tentang skema mereka, menjanjikan take home pay yang tinggi (lebih dari 80%) atau menyiratkan bahwa skema tersebut belum terdaftar di bawah DOTAS karena itu telah disetujui oleh HMRC (yang tidak pernah terjadi).

Selanjutnya, Pemerintah mengusulkan untuk menerapkan kekuatan informasi yang akan memaksa penyedia skema berisiko tinggi untuk mengungkapkan rincian produk, materi pemasaran dan perjanjian yang dibuat dengan pengguna skema. Mereka juga akan memerlukan informasi rinci tentang pengguna skema termasuk jumlah yang telah mereka investasikan dalam produk.

Dalam serangan palu godam lainnya, HMRC telah menyatakan bahwa mereka akan menjatuhkan hukuman pada pengguna skema penghindaran pajak yang sangat mirip dengan yang HMRC telah terbukti tidak berhasil melalui litigasi. Jika penyelidikan dilakukan oleh HMRC, pembayar pajak akan memiliki pilihan untuk menerima bahwa keputusan dalam kasus tersebut juga akan berlaku untuk skema mereka dan mengubah pengembalian pajak mereka untuk mewakili jumlah keuntungan pajak yang sebelumnya diperoleh dan dilunasi atau mereka akan memiliki untuk menjelaskan mengapa menurut mereka itu tidak berlaku; dalam hal ini akan ada hukuman jika mereka tidak memiliki dasar yang masuk akal untuk kesimpulan mereka.

Jadi apa artinya ini bagi kontraktor yang menggunakan skema penghindaran pajak? Nah, HMRC tidak membiarkan ini pergi kan? Mereka mengambil langkah yang tidak biasa dalam menangani penghindaran pajak melalui hukuman untuk non-disclosure dan ‘penamaan dan mempermalukan’ publik daripada melalui penyesuaian undang-undang pajak yang ada. Pendekatan ini kemungkinan akan bertindak sebagai pencegah utama bagi penyedia skema tetapi juga bagi kontraktor karena pada dasarnya memberi HMRC kekuatan untuk mendapatkan rincian siapa pun yang mencoba menghindari pembayaran pajak. Hukuman akan dihubungkan dengan keuntungan pajak yang diperoleh dari penggunaan skema dan oleh karena itu kemungkinan besar akan sangat tinggi. Pada dasarnya, jika Anda bekerja di Inggris, adalah wajib pajak di Inggris dan tinggal di Inggris, maka Anda bertanggung jawab atas pajak Inggris … oh dan jika tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan maka sangat mungkin!

Leave a Comment