Manfaat Memakan Bawang Bombay Bagi Kesehatan Tubuh

source gambar : tanihub.com

Selain bawang merah dan bawang putih, bawang bombay juga cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun, penggunaan bawang bombay di Indonesia hanya berlaku untuk beberapa jenis makanan tertentu saja.  

Seperti halnya burger, barbeque, sate, kebab, dan lain sebagainya. Selain dijadikan bahan bumbu masakan, ternyata bawang Bombay juga kerap dijadikan bahan baku untuk pengobatan alami lho. Lalu, seperti apa sajakah manfaat bawang Bombay bagi kesehatan tubuh?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Dapat Mengontrol kadar Gula Darah

Bawang bombay sangat dianjurkan dikonsumsi oleh para penderita diabetes maupun pradiabetes. Hal itu bukan tanpa alasan, karena bawang bombay diyakini dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi bawang Bombay sebanyak 2 ons dapat menurunkan kadar gula darah hingga 40 mg setelah empat jam.

2. Dapat Memadatkan Tulang

Selain mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, ternyata mengonsumsi bawang Bombay juga sangat bagus untuk kesehatan tulang lho. Pada umumnya, masalah osteoporosis atau keropos tulang kerap dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia.

Pasalnya, tingkat kepadatan tulang mereka sudah mulai menurun seiring dengan bertambahnya usia. Agar terhindar dari masalah keropos tulang di masa tua mendatang, maka mulai saat ini kamu harus mengonsumsi bawang Bombay secara rutin dan teratur.

3. Pengobatan Kanker Secara Alami

Tak banyak yang tahu, bahwa mengonsumsi bawang Bombay secara rutin dan teratur merupakan pengobatan alami untuk penyakit kanker tertentu, seperti kanker lambung dan kolorektal. Manfaat tersebut berkat kandungan senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang berperan penting dalam melawan sel kanker.

Adapun mengenai kandungan fisetin dan quertecin pada bawang bobay yang dapat menghambat pertumbuhan tumor dalam tubuh.

4. Dapat Menangkal Serangan Radikal Bebas

Menurut pernyataan dari beberapa pakar kesehatan ternama, yang menyebutkan bahwa serangan radikal bebas dalam tubuh menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung, kanker, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Bawang bombay memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang berperan penting dalam menangkal serangan radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung, dan salah satunya dengan mengonsumsi bawang bombay.

Kandungan antioksidan dan beberapa senyawa lain pada bawang bomay dapat melawan peradangan, menurunkan trigliserida, hingga menurunkan kadar kolesterol jahat yang menjadi pemicu risiko penyakit jantung.

Bukan hanya itu, bahkan bawang bombay juga memiliki senyawa yang dapat menurunkan risiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

6. Bagus Untuk Sistem Pencernaan

Bawang bombay kaya akan kandungan serat dan prebiotik, yang memang sangat dibutuhkan untuk memelihara kesehatan usus. Prebiotik merupakan jenis serat yang tidak bisa dicerna, karena ia akan diuraikan oleh bakteri usus yang baik untuk pencernaan.

Bukan hanya itu saja, bahkan bawang bombay juga kaya akan kandungan inulin prebiotik dan fruktooligosakarida. Nah, kedua kandungan tersebutlah yang bertugas untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Masih belum habis, terdapat pula kandungan vitamin B yang memiliki peran penting dalam metabolisme, produksi sel darah merah, hingga fungsi saraf. Adapun kandungan potasium dan mineral cukup tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Leave a Comment