Mengenal Perbedaan Manfaat Paprika Kuning , Hijau, dan Merah

Paprika memang ada tiga jenis, yakni merah, kuning, dan hijau. Warna ini dipengaruhi oleh tingkat kematangan paprika.

Pada paprika hijau, ia biasanya dipanen saat paprikanya berwarna hijau dan belum terlalu matang sehingga warnanya hijau gelap dan masih cukup keras dan renyah.

Sementara paprika kuning adalah jenis paprika yang dipanen setelah berubah warnanya dari hijau, biasanya rasanya lebih manis daripada paprika hijau. Dan yang terakhir adalah paprika merah yang sudah sangat matang saat dipanen.

Ternyata ada beda manfaat paprika kuning, hijau, dan merah. Ini karena warnanya menandakan kandungan vitamin C di dalamnya. Semakin matang paprika saat dipanen, maka kandungan vitamin C jadi lebih tinggi.

Alhasil, kandungan vitamin C pada paprika merah 2 kali lipat lebih tinggi dibanding paprika hijau. Namun, bukan berarti paprika hijau tidak bermanfaat, hanya saja gizinya tak sebanyak yang kuning atau merah.

Cara Mengolah Paprika

Paprika adalah sayuran yang merupakan pelengkap yang sangat serbaguna. Kamu dapat menambahkan paprika yang mentah ke semua jenis makanan, mulai dari saus dan salad, hingga hidangan pasta.

Memanggang paprika juga mudah. Kamu hanya perlu memotong irisan kecil di dekat batang dan panggang hingga menghitam. Kemudian biarkan mereka mengukus dengan cara dimasukkan ke dalam kantong plastik selama sekitar 15 menit sebelum mengikis kulit dan membuang batang, inti, dan bijinya.

Kamu juga bisa masukkan paprika merah ke dalam tumis untuk menambahkan warna juga. Namun, saat mengolah paprika, ingatlah bahwa paprika dapat membakar kulit dan mata. Kenakan sarung tangan karet saat Kamu memegangnya, jauhkan tangan dari wajah, dan cuci tangan segera setelah selesai.

Simpan juga segelas susu utuh atau rendah lemak di dekat Kamu. Capsaicin tidak akan larut dalam air dan Kamu membutuhkan lemak untuk menetralkannya. Namun Kamu juga perlu ingat bahwa beberapa orang mungkin alergi akan paprika, meskipun kejadiannya sangat jarang.

Namun, beberapa orang yang memiliki alergi serbuk sari mungkin juga sensitif terhadap paprika karena reaktivitas silang alergi. Reaksi silang alergi dapat terjadi antara makanan tertentu karena makanan tersebut mungkin mengandung alergen yang sama atau alergen yang struktur kimianya serupa. Jadi, Kamu perlu berhati-hati ya!

Manfaat Paprika untuk Anak

Berikut ini beberapa manfaat paprika untuk anak yang wajib Kamu ketahui sehingga mungkin akan mempertimbangkan untuk memberikan lebih banyak paprika untuk anak:

  • Mengandung vitamin C dalam jumlah yang baik. Vitamin C ini akan membantu melawan infeksi bakteri dan memperkuat sistem kekebalan anak.
  • Paprika mengandung vitamin A dan beta karoten dalam jumlah sedang dan apa pun yang mengandung vitamin A dan beta karoten baik untuk penglihatan mata.
  • Vitamin B6 dapat ditemukan dalam paprika dalam jumlah sedang. Beberapa khasiat vitamin B6 antara lain menyembuhkan anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan juga baik untuk perkembangan otak.
  • Paprika adalah sumber vitamin E. Vitamin E membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak, melindungi dari radikal bebas dan kerusakan oksidatif.
  • Selain sebagai sumber vitamin esensial, paprika juga merupakan sumber kalium yang baik. Kalium merupakan mineral esensial yang sangat dibutuhkan tubuh kita. Padahal, kalium mirip dengan natrium, dan kalium lebih bermanfaat daripada natrium.
  • Selain mengandung vitamin dan mineral, paprika juga merupakan sumber serat makanan yang baik. Serat makanan adalah bahan penting dalam makanan yang mengurangi risiko sembelit pada anak.

Itulah beberapa manfaat dari paprika yang baik untuk kesehatan anak. Untuk mendapatkan paprika aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya.

Selain paprika, Kamu juga dapat membeli aneka produk kebutuhan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Leave a Comment